Informasi Penutupan Metode Pembayaran Paypal di Sikimo

Penutupan Metode Pembayaran Paypal


Judulnya kok serius amat kak?

Selama kurang lebih 4 tahun, Sikimo telah membuka layanan transaksi menggunakan metode pembayaran Paypal. Telah banyak member yang telah terbantu dengan adanya metode pembayaran ini. Terutama bagi mereka yang memiliki penghasilan berupa dollar. 

Mayoritas mereka menggunakan paypal untuk melakukan convert dari dollar ke rupiah, yakni topup ewallet (shopeepay, dana, ovo, linkaja, gopay). Ada juga yang digunakan untuk membeli pulsa, paket data internet, topup games dan token listrik.

Banyak testimoni positif yang diberikan oleh member karena Sikimo melayani pembayaran menggunakan Paypal. Namun, karena kebijakan dari pihak Paypal menyatakan bahwa akun Paypal Sikimo : bayar@sikimo.com terkena pembatasan akses (limit) sejak beberapa hari yang lalu. Hingga sampai pada akhirnya tanggal 24 September 2021 kami mendapat email bahwa akun paypal tersebut telah dibatasi secara permanen alias tidak dapat digunakan lagi.

Kami tidak diberitahukan secara detail mengapa hal tersebut terjadi. Tapi mengingat dalam bulan September 2021 ini, jumlah transaksi Paypal di akun tersebut grafiknya naik signifikan. Banyak sekali akun paypal baru yang melakukan transaksi di website/aplikasi Sikimo. Mereka asal transaksi dan tidak mengikuti petunjuk yang tertera. Hasilnya mengejutkan, 2 kali akun kami tersebut kena pembatasan oleh pihak Paypal.

Kami pun melakukan banding agar akun paypal sikimo segera dipulihkan. Kurang lebih 5 hari setelahnya, akun kami pun dipulihkan setelah direview oleh tim Paypal. Tentunya, banyak dokumen yang disyaratkan untuk pemulihan akun. 

Selang beberapa hari setelah akun kami dipulihkan, metode pembayaran Paypal pun kami buka kembali untuk menerima transaksi. Ternyata, ada rombongan member baru yang sudah menanti dibukanya metode pembayara paypal ini. Terjadilah lonjakan transaksi yang tidak dapat kami bendung. Customer Service Sikimo pun sampai kewalahan menjawab chat yang masuk.

Lagi dan lagi, rupanya chat yang masuk tersebut adalah komplain karena merasa sudah bayar dengan paypal namun produk yang dibeli tidak kunjung diterima. Setelah dilakukan pengecekan, hal yang sama seperti di atas pun terjadi lagi. Mereka kebanyakan pengguna baru paypal, belum paham cara menggunakannya. Petunjuk yang tertera pada setiap tagihan pun tidak dibaca, hasilnya sistem sikimo tidak dapat mengenali transfer yang mereka lakukan. Karena itu sih mereka komplainnya.

CS kami pun iseng menanyakan ke berbagai sumber, dari mana dapat info Sikimo untuk transaksi dengan Paypal. Hasilnya ada yang googling, ada yang info dari teman dan yang paling banyak adalah dari Youtube. Ya, benar! Rupanya ada yang membuat konten tentang convert Paypal ke pulsa/ewallet dan viral. Sehingga terjadi secara bersamaan transaksi yang luar biasa dan dianggap tidak biasa oleh Paypal.

Sesuai SOP (Standard Operational Procedure) di Sikimo, bahwa pembayaran via Paypal yang tidak sesuai petunjuk adalah dikembalikan lagi ke pemiliknya. Pada hari itu terjadilah proses refund yang cukup banyak. Mungkin inilah salah satu yang diamati sebagai aktivitas yang tidak biasa oleh pihak Paypal, yakni mendadak banyak transaksi dengan pengguna baru dan melakukan proses refund massal akibat tidak telitinya pengguna. Hal tersebut menyebabkan akun Paypal Sikimo terkena imbas yakni pembatasan akun secara permanen. Berikut ini kami lampirkan capture email dari pihak Paypal tentang hal tersebut.


Kami pun menerima keputusan pihak Paypal tersebut dengan mengikhlaskan akun tersebut tidak dapat digunakan kembali. Hal yang dapat kami ambil dari kejadian ini adalah harus sabar. Dengan adanya pembatasan akun paypal kami secara permanen, bersama ini pula metode pembayaran Paypal di Sikimo kami nyatakan ditutup secara permanen juga.



Bagi member yang masih ingin transaksi dengan paypal, silahkan bisa mencari alternatif lain. Saran kami, bijaklah ikuti petunjuk dan aturan tentang metode pembayaran Paypal. Jangan asal transfer seperti yang dilakukan di Sikimo, cukup akun Paypal sikimo yang kena pembatasan akibat kesalahan para pengguna yang tidak teliti dalam transaksi.

Untuk transaksi dengan metode pembayaran lainnya di Sikimo tetap lancar.  Salam sukses!

Hubungi Kami

Aplikasi Android

Download aplikasi resmi SIKIMO di Google Play Store untuk kemudahan bertransaksi.

appandroid

Jalur Transaksi Lain

Alamat SIKIMO.com

  • Jl. Salak No. 39 Kuripan
    Kec. Kesugihan Kab. Cilacap
    Jawa Tengah 53274
WhatsApp-Button